Sabtu, 23 April 2011

ANTROPOLOGI RAGAWI

Hasil Diskusi
Untuk Memenuhi Tugas Mata Kuliah Antropologi Ragawi




Oleh :
Siti Farha (071017052)
NURIL HIDAYATUS S (071017034)
AZIZAH NUR A (071017043)
ARIF RAHMAWATI R (071017052)
RAHAYU SETYORINI (071017063)
ARDIKA SEFRI DYANTHA (071017072)
SEPTYAN HERI P (071017047)



DEPARTEMEN ANTROPOLOGI SOSIAL
FAKULTAS ILMU SOSIAL dan POLITIK UNIVERSITAS AIRLANGGA
Jl. Dharmawangsa Dalam
Surabaya, Jawa Timur
2011

TUGAS
Bagaimana dampak global warming terhadap:
a. Adaptasi
b. Aklimasi
c. Aklimatisasi
d. Arahnya kemana

HASIL DISKUSI
1. Global Warming
Global warming atau yang biasanya disebut pemanasan global berdampak pada setiap makhluk di muka bumi. Kenaikan suhu udara global rata-rata mencapai 0,6°C. jadi estimasinya pada tahun 2100 kenaikan suhu global bisa mencapai 3,5°C. pemanasan global pertama kali dapat kita amati bahwa beberapa jenis burung yang biasanya hidup di daerah yang relative panas, seperti italia, spayol dan yunani sejak beberapa puluh tahun tersebar di Eropa Utara. Penyebab utama pemanasan global adalah polusi udara dan pembabatan hutan yang terus-menerus. Padahal, secara global manusia melepaskan 23 juta ton karbon dioksida ke atmonsfer setiap tahunya. Negara penghasil polutan terbesar didunia adalah RRC dan USA. Dua Negara ini memproduksi 8.234.000 ton setiap tahunnya sisanya yakni 14,5 juta ton berasal dari Negara-negara lain. Global warming juga di sebabkan oleh efek rumah kaca. Efek rumah kaca bukan berakibat kita akan berkeringat saja. Tetapi akhir-akhir ini tercatat bahwa gletser di pegunungan tertinggi serta lapisan es di kutup utara makin menyusut. Akibatnya permukaan air laut terus naik. Jika air laut tetap naik beberapa meter saja maka akan ada dataran rendah yang akan tenggelam.
Oleh sebab itu dapat kita simpulkan bahwa tidak semua kemajuan yang dilakukan sapiens, rational berakibat baik. Kemajuan industrilisasi yang pesat akan meningkatkan reduksi emisi CO2 hal ini akan berdampak buruk pada lingkungan.

2. Adaptatasi
Adaptasi adalah proses evolusi makhluk hidup agar menyesuaikan diri dengan lingkungan/habitatnya. Adaptasi bertujuan untuk menjaga kelangsungan hidupnya dan generasi selanjutnya.
Contohnya penyesuaian tubuh manusia terhadap pemanasan global yang sedang terjadi. Kenaikan suhu yang terjadi akibat pemanasan global yang terus-menerus terjadi memaksa kita harus survive terhadap suhu yang semakin tinggi.



3. Aklimasi
Aklimasi adalah penyesuaian fisiologis dan perilaku suatu organism sebagai reaksi terhadap suatu perubahan lingkungan/modifikasi sifat fenotip suatu organism terhadap lingkungan.
Contohnya, perubahan gaya berpakaian yang terjadi pada masyarakat Surabaya. Dulu sebelum adanya global warming keluar rumah siang hari tidak perlu memakai jaket. Karena sekarang jika tidak memakai jaket maka radiasi sinar matahari terhadap kulit sangat tinggi.

4. Aklimatisasi
Aklimatisasi adalah proses penyesuaian diri dari individu terhadap perubahan kondisi lingkungan. Proses penyesuaian disini lebih ditekankan pada fenotip. Penyesuaian ini bertujuan untuk bertahan pada kondisi lingkungan yang berbeda dengan daerah asalnya.
Contohnya, dengan pemanasan global yang terjadi maka suhu udara luar semakin tinggi. Akan tetapi jika seseorang yang bekerja pada pusat pengkalengan ikan maka mau ataupun tidak dia harus masuk lemari pendingin untuk mengawetkan ikan-ikan yang ada.

5. Arahnya Kamana
Global warming yang mengarah pada pemanasan global jika tidak diminimalisir akan menyebabkan dapak yang lebih besar.
Contohnya kerusakan ozon yang semakin besar akan mengakibatkan kanker kulit. Dan masih banyak lagi dampak global warming. Oleh sebab itu kita harus jaga bumi kita.

Tidak ada komentar: