Selasa, 12 Maret 2013

Perubahan masyarakat

-->
PERUBAHAN MERUPAKAN SEBUAH PROSES
(pendahuluan)


Dalam pendahuluan buku ini membahas makna dari perubahan sebagai suatu proses. Perubahan dipengaruhi oleh beberapa faktor pendorong dan penghambat. Beberapa antropolog barat memfokuskan penelitian mereka pada subjek perubahan dalam perilaku manusia. Ini didasari oleh perubahan yang sangat cepat di abad 21. Para ahli antropologi berpandangan bahwa perilaku yang ada saat ini bersumber dari masa lalu. Semua itu akan mengalami perubahan mendekati kesempurnaan itu sendiri.
Buku ini menjawab tentang perubahan merupakan sebuah proses dalam pandangan antropologi. Buku ini menekankan pada aspek perubahan social-budaya. Buku ini juga dipakai oleh beberapa disiplin ilmu social di tingkat perguruan tinggi. Dalam buku ini memberikan jawaban “bagaimana perubahan itu terjadi?” beberapa faktor akan dibahas dalam buku ini. Secara sosiokultural akan membahas pola tingkah-laku manusia dari waktu kewaktu.
Setiap perubahan akan mengalami suatu proses terlebih dahulu. Proses ini kemudian dianggap penting karena akan mengarahkan kemana perubahan ini akan terjadi. Maka dari sini kita bisa menjawab “mengapa perubahan ini terjadi?” pada dasarnya perubahan terjadi dari sesuatu yang bersifat sederhana kepada yang lebih kompleks oleh masyarakat itu sendiri. Perubahan terjadi karena masyarakat yang bersangkutan menganggap itu perlu. Dalam bab-bab selanjutnya akan di bahas secara detail mengenai proses dan perubahan itu sendiri.
Pembelajaran ini akan dipandang penting untuk melihat beberapa masalah yang muncul dalam suatu proses perubahan itu sendiri. Dalam era modern seperti saat ini perubahan sangat pesat. Muncul masyarakat konsumeris. Dari perubahan itu tidak jarang akan muncul beberapa masalah. Terutama berkaitan dengan pergeseran nilai-nilai budaya. Nilai-nilai budaya yang dulunya lebih bersifat local knowledge sekarang lebih bersifat global knowledge. Beberapa masyarakat mulai membuka diri untuk menerima masukan dari luar. Oleh sebab itu dalam buku ini suatu prosesitu dianggap penting.


 

Tidak ada komentar: